HMI Jaksel Tolak Pleno 4

HMI Jaksel Tolak Pleno 4

Jakarta, Lawan.Id – Formateur HMI Cabang Jakarta Selatan, Safarianshah Zulkarnaen beserta 10 Ketua Umum Komisariat dan kader HMI Se Jakarta Selatan pada Kamis (2/8/18) menolak secara tegas keputusan rapat harian PB HMI untuk mengembalikan Cabang Jakarta Selatan ke Pleno 4.

“Konfercab ke-8 sudah sesuai konstitusi dan berkas yang diajukan pun sudah memenuhi syarat petunjuk teknis dari PAO. Maka kami menolak keputusan PB tentang kembalinya ke Pleno 4,” tegas Safarianshah.

HMI Cabang Jakarta Selatan telah usai melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) yang ke-8 pada April lalu. Dari total 13 Komisariat yang ada di Cabang Jakarta Selatan, 10 Komisariat sepakat menjadikan Safarianshah Zulkarnaen sebagai Formateur atau Ketua Umum terpilih HMI Cabang Jakarta Selatan periode 2018-2019.

Disamping itu 3 Komisariat lainnya nekat membuat Konfercab tandingan untuk menjadikan Farhan Haprizal sebagai Formateur. Tapi, berhubung Konfercab yang dilakukan tidak sah, maka berkas yang diajukan Farhan ke PB HMI pun sudah digugurkan.

“Rasanya mana mungkin bisa dikatakan sesuai dengan konstitusi bila 3 komisariat malah membuat konfercab tandingan. Itu namanya tidak legowo dengan kekalahan, makanya wajar berkasnya digugurkan,” jelas Safarianshah.

Selanjutnya, Safarianshah menyerahkan berkas hasil konfercab kepada bidang PAO PB HMI dan lolos verifikasi dan disahkan dalam rapat presidium. Namun, saat berkas dibahas dalam rapat harian selalu tidak menemui titik terang bahkan sampai dilangsungkan 8 kali rapat harian dalam kurun waktu lebih kurang 4 bulan.

“PB HMI harusnya melihat secara jernih dan bersandar pada konstitusi bahwa berkas Cabang Jakarta Selatan yang saya ajukan itu sudah sesuai dan seharusnya tidak ada alasan ditunda terus menerus apalagi sampai kembali ke pleno 4,” ujar Safarianshah

Sementara, apabila merujuk kepada AD/ART HMI dan petunjuk teknis bidang PAO PB HMI, berkas hasil Konfercab yang diajukan Formateur HMI Cabang Jakarta Selatan, Safarianshah telah memenuhi dan melengkapi seluruh syarat administratif.