Takdir Gatot Dalam Bursa Pemilu

Takdir Gatot Dalam Bursa Pemilu

Jakarta, Lawan.Id – Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Gatot Nurmantyo berkali-kali masuk dalam bursa calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sejumlah lembaga survei. Ia meyakini takdir akan menentukan dirinya bakal ikut bersaing dalam Pilpres 2019.

Koordinator Generasi Muda Milenial Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GMM GNR) Iriawan menyatakan, peluang Gatot jadi capres masih terbuka karena dukungan Gerindra ke Prabowo di Pilpres dinilai belum final.

Kan belum finalisasi, kami mash optimistis Bapak Gatot bisa. Dia layak menjadi calon presiden,” kata Iriawan di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu 22 April 2018.

Menurut mereka, ada kecocokan antara Gerindra dengan Gatot Nurmantyo. Kecocokan itu terlihat, lantaran Gatot dan Prabowo Subianto sama-sama dari militer.

“Pak Gatot secara karakter cocok dengan Gerindra, karena lahir dari nafas TNI,” klaim Iriawan.

Selain itu, Gatot menilai peluangnya masih terbuka lebar lantaran pembahasan capres dan cawapres masih sangat dinamis. Sejauh ini, kata dia, komunikasi dengan sejumlah partai politik tetap dilakukan. Namun, Gatot enggan menyebutkan partai mana yang memiliki kedekatan lebih dengan dirinya.

Dalam sejumlah survei, Gatot sebenarnya lebih diunggulkan sebagai cawapres. Sigi Indo Barometer pada April lalu, misalnya, menunjukkan elektabilitas Gatot sebesar 12,5 persen sebagai cawapres. Bila dilakukan simulasi pertanyaan tertutup mengenai 22 nama calon wakil presiden untuk Joko Widodo, dukungan terhadap Gatot Nurmantyo tetap terbanyak dengan 16,8 persen.