Fadli Zon : Pemerintah Di Kritik Kok Malah Balas Mengancam

Fadli Zon : Pemerintah Di Kritik Kok Malah Balas Mengancam

Jakarta, Lawan.id – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang geram dengan orang-orang yang dianggapnya asal-asalan dalam mengkritik pemerintah, mendapat tanggapan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon.

Wakil Ketua DPR RI ini menilai tak seharusnya Luhut menyampaikan kegeramannya di depan publik. “Saya kira untuk apa sih ancam-ancam, kayak enggak punya dosa juga. Ya kalau mencari-cari, kan, bisa saja ditemukan di masa lalu, siapa manusia yang sempurna?” kata Fadli di Gedung DPP Gerindra, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Fadli Zon juga beranggapan apa yang ditampilkan Luhut merupakan bentuk arogansi kekuasaan yang harusnya dihindari. Namun, ia memaklumi bahwa sikap tersebut merupakan karakter Luhut. “Saya maklum itu Pak Luhut hanya emosional saja. Jadi mestinya tidak perlu keluar kata-kata seperti itu apalagi kita di era demokrasi, kan, berhak melakukan kritik dan dijamin konstitusi,” ujarnya.

Kegeraman Luhut tersebut ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam seminar nasional “Kebijakan dan Koordinasi Bidang Maritim untuk Kesejahteraan Nelayan” di Gedung BPK RI, Senin (19/3/2018).

Awalnya, Luhut bicara panjang lebar soal hal-hal yang sudah dilakukan pemerintah, khususnya di bidang Kemaritiman. Setelah memberi pemaparan selama 16 menit, ia pun mengungkapkan bahwa pemerintah terbuka dengan kritik dan masukan yang membangun.

Hanya saja, Luhut meminta agar kritik itu tidak disampaikan secara asal-asalan. Ia lalu menyinggung soal adanya tokoh senior yang menyebut program pembagian sertifikat Jokowi membohongi rakyat.
“Kalau ada senior bilang bahwa ngasih sertifikat itu ngibulin rakyat, apanya yang ngibulin. Dari dulu juga ada pembagian sertifikat, tapi prosesnya panjang, lama dan sedikit. Sekarang prosesnya cepat, dan banyak. Lah, salahnya di mana,” kata Luhut.

Luhut pun mengancam akan membongkar dosa-dosa orang yang asal-asalan mengkritik pemerintah. Luhut menyebut, orang-orang tersebut punya banyak dosa di masa lalu. “Jangan asal kritik saja. Saya tahu track record-mu, kok. Background saya spion juga,” kata purnawirawan Jenderal TNI ini.

“Kalau kau merasa paling bersih kau boleh ngomong. Dosamu banyak juga kok. Sudahlah, diam sajalah. Jangan main-main, kalau main-main kita bisa cari dosamu, memang kamu siapa?” tambah dia.

Artikel ini mengutip laman Kompas.com ( Fadli Zon Kritik Luhut yang Ancam Orang Asal-asalan Kritik Pemerintah )